Friday, July 6, 2007

Sudoku Matematika atau.. Sekedar Permainan Logika?

Sudoku
Sudoku, juga dikenal sebagai Number Place atau Nanpure, adalah sejenis teka-teki logika. Tujuannya adalah untuk mengisikan angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak. Pertama kali diterbitkan di sebuah surat kabar Perancis pada 1895 dan mungkin dipengaruhi oleh matematikawan Swiss Leonhard Euler, yang membuat terkenal Latin square.

Versi modern permainan ini dimulai di Indianapolis pada 1979. Kemudian menjadi terkenal kembali di Jepang pada 1986, ketika penerbit Nikoli menemukan teka-teki ini yang diciptakan Howard Garns.

Nama "Sudoku" adalah singkatan bahasa Jepang dari "Suuji wa dokushin ni kagiru"("Suuji wa dokushin ni kagiru"?), artinya "angka-angkanya harus tetap tunggal".

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

3 Komentar:

  1. wah saya suka lih sudoku ini..tapi saya baru maen nya baru baru ini, coz baru dapat software permainan ini utk HP.jadi bisa maen n gak perlu ribet.hehehe.saya menghabiskan 1 menit utk sudoku yg 4x4 dan butuh konsenterasi utk yang 9x9 jadi saya belum begitu cepat menyelesaikannya..hehehe

    ReplyDelete
  2. SaYa bLum bisa nIh maIn sudoKu walauPun daH diajaRin beberaPa teMan. saYa yanG memanG lamBat ataU suDoku itu suLit??? (memaNg suLit seperTinYa...heheh)

    ReplyDelete
  3. Sepertiny permainan ini sdh sy kenal sejak masih SD, hanya bentukny masih sederhana.Dengan ukuran kotak 3x3, kotak tsb diisi dng angka 1-9 dng syarat apabila angkany dijumlahkan pd masing2 kolom, baris dan diagonal, jumlahny harus sama yaitu 15. Kmdian sy coba kembangkn utk kotak ukuran 5x5(angka 1-25), 7x7(angka 1-49), dst. Tentuny syarat utk jumlah berbeda dng 3x3. Utk model sudoku ini belum tak coba, sepertiny agak rumit, krn ukuranny bukan satu kotak tunggal sederhana, tapi satu kotak tunggal gabungan. I'll try...

    ReplyDelete