Monday, January 30, 2012

Review Aplikasi GPS: GMaps vs Ndrive vs Navitel


Setelah sebelumnya mencoba untuk menjalankan aplikasi GPS agar GPS yang ada di Nexian NX a891 Ultra Journey tidak sia-sia ternyata BERHASIL. Padahal sebelumnya berasa tidak yakin kalau GPS yang ada di Nexian NX a891 Ultra Journey memang benar-benar ada. Bagaimana tidak?? setelah mencoba dengan menggunakan aplikasi NDrive memang untuk mengunci (lock) satelit susah sekali, tetapi ternyata terkadang bisa juga meski memang terlalu lama. Sampai suatu ketika dalam perjalanan malam dari Madiun ke Malang via Kediri dan Blitar melewati rute alternatif jalan besar tapi sepi, akhirnya NDrive dapat mengunci satelit dan berhasil dengan waktu tersingkat serta rute jalan yang terpendek. Nah setelah googling kesana kemari akhirnya dipilihlah 3 aplikasi yang terinstal di Nexian NX a891 Ultra Journey kesayangan inilah akhirnya!

1. Google Maps.
Aplikasi GPS ini memang belum terinstal di Nexian NX a891 Ultra Journey, sehingga perluu untuk mengunduhnya dari android market atau dapat juga di download disini. Kelebihan Google Maps ini, tidak dibutuhkan kerumitan penggunaan karena memang dapat berlaku diseluruh peta dunia, jadi tidak perlu khawatir akan tersesat. Penguncian GPS lebih cepat, namun memang akan lebih cepat lagi jika menggunakan jaringan internet. Kelemahannya adalah masih membutuhkan jaringan internet alias harus terkoneksi untuk mendapatkan peta terbaru kecuali menggunakan cache yang memang sisa peta sebelumnya. Selanjutnya jika koneksi melalui wifi maupun operator tidak dapat secara tepat mengetahui posisi sekarang sehingga hanya daerah di wifi dan BTS yang terdeteksi di samping juga membutuhkan koneksi yang maknyus, dimana di Indonesia masih perlu dipertanyakan :(


2. NDrive.
Dengan aplikasi ini, merubah cara pandang kita terhadap namanya GPS, bayangkan hape murah meriah ini dapat menjalankan aplikasi GPS yang selevel dengan perangkat GPS yang biasa dijual seharga jutaan. Tampilan yang ciamik serta menu sederhana untuk membantu menvigasi kita dalam berkendara hutan belantara dan hutan kota hehehe.. Kelebihannya tidak memerlukan koneksi internet dan hanya menggunakan GPS aktif serta peta seluruh dunia tinggal donlot saja maka kita dapat menjelajahi seluruh dunia. Karena aplikasi berbayar maka jika mendownload di market akan mendapatkan versi trial, silahkan liat-liat dan unduh di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6314023. Adapun kelemahannya adalah mengunci satelit terlalu lama walaupun sudah berada di luar tanpa ada halangan dari dinding dan gedung-gedung (meski pada HH lain cepat, tapi di Ultra Journey lama bahkan tidak dapat mengunci).


3. Navitel.
ini adalah aplikasi yang mungkin paling banyak update peta dan digunakan di Indonesia, tetapi yang paling utama adalah kemampuan untuk mengunci satelit wuiiiih cepat banget.. itu kelebihannya, selain itu memang kecil mengkonsumsi baterai hehehe, tetapi kelemahannya mungkin adalah menu yang begitu rumit sehingga untuk menvigasi terlalu bertele-tele. Untuk donlot silahkan liat-liat dan unduh di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8253609.

itulah beberapa aplikasi GPS yang terinstal di Ultra Journey dengan segala kelebihan dan kekurangannya, memang dibutuhkan semua sehingga meski ada banyak aplikasi GPS yang lain ketiga aplikasi tersebut layak untuk diinstall..

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar:

Post a Comment