Friday, December 27, 2019

Hapus Iklan MIUI cepat


Sejak awal MIUI adalah salah satu OS dengan komunitas terbaik. Terlebih lagi dengan adanya lini Redmi yang berimbas pada populernya OS besutan Xiaomi ini.
Akan tetapi, sejak MIUI 8 sampai artikel ini ditulis yakni MIUI 11, masalah utama dari pengguna OS MIUI ini adalah iklan yang dipaksa oleh pihak developer Xiaomi untuk dapat secara terus menerus mengeluarkan iklan tak jelas.
Tips menghilangkan iklan MIUI ini adalah sederhana dengan terlebih dahulu menonaktifkan segala receive recommendation di setiap aplikasi bawaan MIUI. Seperti Music, Video, Security, Browser dan yang sejenis lainnya. Adapun menonaktifkan iklan tersebut dengan cara masuk di Pengaturan (Setting) kemudian cari Receibe Recommendation lalu non aktifkan.
Trik berikutnya adalah dengan menguninstal/menghapus aplikasi Analytics dan MSA. Aplikasi ini tidak bisa dengan mudah diuninstal di Pengaturan aplikasi (hanya bisa uninstal update saja). Namun jangan khawatir tanpa TWRP alias Recovery maupun tanpa Root, aplikasi tersebut bisa dihilangkan dengan menggunakan ADB menggunakan PC/Laptop. 
Pertama aktifkan Mode Developer (Mode Pengembang) Options dengan cara klik berkali-kali sampai muncul tulisan Anda sudah di Mode Pengembang. Kemudian masuk ke Pengaturan Tambahan pilih USB debugging.


Langkah berikutnya adalah install ADB (cek di https://www.xda-developers.com/quickly-install-adb/)

Jalankan CMD, untuk Windows Shift+Click -> "Open CMD here"
Cek koneksi Smartphone dengan perintah: 
adb devices

Hasil jika sukses terkoneksi
"List of devices attached
43648### device"

Lakukan proses uninstall dengan mengetikkan perintah berikut.

adb shell pm uninstall -k --user 0 com.miui.analytics #untuk hapus Analytics

adb shell pm uninstall -k --user 0 com.miui.msa.global #untuk hapus msa (main system advertising) iklan

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar: