Monday, February 10, 2020

Framework -> Yii atau CI?


Bagi netizen seperti saya yang telah mengenal internet sejak 1998 adalah ledakan ide di setiap tahapan teknologi tersebut. Bagaimana awal Internet untuk umum sudah menyediakan email dan http aka Hyper Text Transfer Protocol serta protokol lainnya yang mengalami peningkatan dengan durasi waktu yang semakin sebentar.
Baiklah, fokus kita pada Framework aka Kerangka Kerja. Jika Internet dikenal dengan tag HTML aka Hyper Text Markup Language yang mampu diterjemahkan oleh browser sekelas Internet Explorer dan Netscape Navigator menjadi tampioan luar biasa WYSIWYG what you see is what you get. Apalagi jika dibandingkan dengan cli command line interface sekelas command prompt jauh.. pokoknya HTML itu luar biasa mudah dan mewah..
Setelah dua dekade setelahnya, ternyata memang HTML dibuat lebih baik lagi dengan HTML5 tentunya disertai teknologi CSS cross site scripting, javascript dan juga PHP Hypertext Preprocessor.
Tiba saatnya mengapa Kerangka Kerja. Tentunya dengan mengetahui kelebihan HTML yang didukung PHP yang mirip C++ atau C#, tentu saja membuat suatu halaman website menjadi mudah sekaligus lama. Ini letak kelebihan Kerangka Kerja ini. Setelah sekan lama menghilang dari dunia per-situs-an, akhirnya baru sadar akan kelebihan Kerangka Kerja ini.
Kerangka Kerja yang populer adalah Code Igniter aka CI namun diawali oleh Yii alias Yes it is, dimana Kerangka Kerja ini memberikan modul siap pakai yanh senantiasa dipakai dalam suatu pengembangan situs..
Dan terbukti, setalah selama 2 bulan terakhir menikmati pembelajaran mengenai ini ditambah json dan ajax.. Alhamdulillah masih diberi nikmat ilmu..

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar: