Wednesday, December 15, 2021

Thermo Digital untuk Kipas Radiator Mobil

Bagi pemilik mobil tua bangka (motuba) permasalahan klasiknya terletak di sistem pendinginan. Biasanya, kipas radiator nyala ketika kontak on. Hal ini disebabkan switch fan thermo bermasalah sehingga diset langsung dengan jumper. Akibatnya, aki akan terbebani dan berpotensi cepat rusak. Untuk pembelian suku cadang sangat susah dicari kalaupun ada harganya mahal di kantong.. 😂
Nah, untuk mengatasi hal tersebut bisa menggunakan trik dengan alat thermo digital. Alat ini memiliki fungsi mengambil suhu mesin atau radiator dan menjadi saklar atau penyambung arus ketika syarat suhu terpenuhi. Terdapat 2 jenis thermo digital murah terjangkau yakni XH-W3001 dan W1209WK.
Untuk XH-W3001 memiliki fungsi meneruskan arus, sehingga caranya adalah dengan menyambungkan dengan switch fan yang dimiliki motuba tersebut. Jika tipe switch fan menggunakan negatif(massa) cukup ambil jalur massa disambungkan dengan kipas radiator begitu pula jika tipe swicth fan menggunakan positif, cukup ambil jalur positif dari thermo digital ke kipas radiator.
Sedangkan untuk tipe W1209WK berfungsi sebagai saklar sebagaimana fungsi switch fan. Untuk menerapkannya cukup sambungkan switch fan dengan jalur pada Thermo digital..
Perlu diperhatikan bahwa perbedaan antara thermo digital dengan switch fan adalah pada power yang mana thermo membutuhkan power untuk menyalakan alat sedangkan switch fan tidak membutuhkan power sebab diperoleh dari bimetal dengan panas sebagai pemicu. Pastikan untuk motuba ambil power 12V yang sesuai dengan voltase aki motuba, sedangkan 220V biasanya digunakan untuk produk rumah.

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar:

Post a Comment