Thursday, August 25, 2022

Cara Cepat USB Bootable Windows 7, 8, 8.1, 10 dan 11 tanpa Aplikasi Tambahan (third party app)


Ketika ingin melakukan instalasi sistem operasi Windows baik versi 7, 8, 8.1, 10 dan 11 selain menggunakan CD/DVD pada umumnya menggunakan USB Flashdisk/Flash Drive sebagai alat instalasinya. Sehingga, untuk bisa boot dari USB perlu menggunakan aplikasi tambahan baik Eufus, Etcher atau Ventoy. Namun posting kali ini akan share tentang membuat USB bootable tanpa aplikasi tambahan tersebut.
Alatnya ya USB Flasdisk minimal 8 GB, sistem operasi windows 7 atau 8 atau 8.1 atau 10 bisa juga 11, serta siapkan pula file iso-nya yang bisa didownload dari situs microsoft.
Langkah-langkah untuk membuat aederhana saja, yaitu masuk Windows Explorer kemudian klik kanan pada USb drive untuk melakukan format, lalu pastikan sistem file yang dipilih adalah NTFS (bukan FAT32 atau exFAT).
Kemudian setelah selesai format maka mount file iso Windows menjadi drive CD/DVD, lalu pilih semua (select all) copy ke drive USB. Sudah, USB pasti bisa boot dari USB dengan melakukan pengaturan di BIOS untuk boot dari USB (setiap PC/Laptop memiliki cara berbeda).
Bisa pula selain menjadikan file iso Windows untuk diextract melalui aplikasi zip baik WinRAR atau pun 7zip dan aplikasi sejenis seperti bawaan Windows Explorer (untuk Windows Explorer harus merubah ekstensi .iso menjadi .zip). Dengan cara yang sama copy paste ke drive USB yang sudah berdormat NTFS.
Itulah cara membuat USB bootable Windows tanpa aplikasi tambahan. Selamat mencoba!

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar:

Post a Comment