Saturday, May 23, 2009

Membuat Plugin Windows Live CD dengan Plugin Creator!


Untuk membuat Windows Live CD lebih banyak dibutuhkan kreatifitas dalam membuatnya, sehingga disimpulkan semakin kecil kapasitas pembuatnya dan semakin tinggi kualitas hasilnya maka Windows live CD anda akan semakin baik mutunya.

Seiring dengan berlalunya waktu, semakin banyak pula program yang dapat membantu anda dalam membuat windows live CD. Jadi saran saya buang kesia-sian membuat windows 98 live atauu bahkan vista PE. Kenapa saya menyarankan hal tersebut, keperluan itu masih bisa dilakukan dengan menggunakan BartPE yaitu Windows XP SP2 atau Windows Server 2003 yang masih sangat bisa diandalkan.

Tanpa lebih banyak ngelantur.. bingung memfokuskan postingan ini, maka kita akan membahas bagaimana menambah program baru dalam BartPe (namun bartPE bukan satu-satunya pembuat Windows Live CD ada Winbuilder, Batcher dan program builder lainnya).
Untuk menambah program baru dalam WIndows Live CD menggunakan BartPE, maka diperlukan plugin yang akan dibaca oleh BartPE, untuk menambah program yang kita inginkan. Secara default banyak program yang sudah disertakan dalam PEBuilder. Tetapi dengan menambah Plugins (istilah PEBuilder untuk menambah program), maka saya perkenalkan Plugin Creator.
Download PulginCreator
Plugin Creator dibuat oleh Royalbox-Bazz, dan terdapat pilihan untuk menambah menu dalam tampilan nu2menu, XPE.
Tetapi memang terlebih dahulu harus menyiapkan file-file yang diperlukan untuk menjalankan program yang anda inginkan.

Nah, ada trik khusus yang ingin saya sampaikan, untuk menambah lebih baik gunakan aplikasi portable seperti PortableApps, Winizo dan aplikasi portable lainnya. dengan menggunakan aplikasi protable anda tidak akan direpotkan dengan rumitnya penambahan registry yang diperlukan aplikasi tersebut.
Ya cukup sekian saja, pemberitahuan ini, masih banyak kurangnya, namun semoga saja terbantu dengan adanya informasi ini.
Sekian...



iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

2 Komentar: