Friday, June 12, 2020

Battery Redmi 3s: Tidak jadi Upgrade Smartphone


Xiaomi 小米 alias beras kecil, salah satu brand smartphone teknologi canggih tapi murah alias terjangkau. Tampilan ala iPhone, Segmentasi ala Samsung dan merakyat ala Nokia. Klop, sejak tahun 2016 meminang Redmi 3S yang merupakan peningkatan dari Redmi 3 (setelahnya Redmi 3 Pro) sampai saat ini hampir tidak pernah mengecewakan. Baik sisi Software yang menggunakan MIUI V5 sampai terakhir mentok MIUI V10 dan sisi Hardware dengan SoC Qualcomm, processor Snapdragon 435 (meski bawah, stabil) GPU Andreno 505 pastinya lumayan kamera nya dengan 13 Mega pixel (rear) dan 5 Mega pixel untuk selfie atau video call.
Namun, seiring berjalannya waktu, setiap buatan manusia selalu mempunyai masa expired. Redmi 3s hanya bertahan 5 jam dari sebelumnya 20 jam pemakaian (hampir seharian). Seketika itu juga terbersit angan untuk upgrade Redmi 3s ini dengan lem biru (lempar beli baru) Redmi Note 8 Pro 😂. Apa daya, keinginan bukan kebutuhan, panjang impian tak setinggi keadaan. Akhirnya, diputuskan ganti battery saja.
Masalah dimulai dari sini. Redmi 3s merupakan smartphone dengan battery tanam, jadinya ganti battery harus bongkar back casing (padahal selama ini Redmi 3s dikenal water resistant). Kebayang banget buka casing dengan susah payah meski dibantu dengan belajar tutorial di YouTube. Selanjutnya adalah mencari battery yang di dunia per-hape-an Indonesia banyak abal-abalnya dibanding KW alias kualitas bawah. Kalo KW jelas kapasitas nya tidak sebesar original yakni 4000mAH. Nah yang abal-abal ini menjengkelkan, tampilan sama persis dan narasi Original 99% apa???? 😱
Untuk menjadi ahli maka harus mengalami (expert is more experience). Jadilah, belanja online dengan memperhatikan harga rendah dan performa toko 🌟 4 lebih. Akhirnya battery sesuai persyaratan itu muncul, yaitu battery KW BM47 harga 55rb dijual di toko dengan performa 4,5 🌟 dan sudah menjual lebih dari 200 battery. Cucok, setelah diaplikasikan hasilnya tidak terlalu mengecewakan smartphone bisa bertahan ±12 jam dengan screen on sekitar 4 jam. 
Tapi, ada perasaan sedikit gimana gitu. Ya, kembali lagi menyelidiki ulang merk battery yang lebih baik sebisa mungkin kembali sedia kala. Battery original ada di Mi Store, tapi hanya untuk Redmi 3s buatan Indonesia (punyaku made in 中果)itu pun harganya 200ribuan hampir 300ribu apa?? 😱.. Sekilas ada battery harga 199 ribu bukan original tapi OEM merk Hippo (ya Hippo salah satu merk powerbank terkenal) kayak nya bisa dicari lebih lanjut (diskon-an mode on). Alhamdulillah, dapat juga di toko online sebelumnya beli battery KW juga menjual merk Hippo dengan harga 120ribu padahal di situs resmi hippo.id harganya 189ribu. Agak khawatir juga, namun apa daya semangat battery 4000mAH seperti dulu begitu keras dan ingin menguji peluang tersebut dan deal beli.
Nyanya, battery Hippo BM47 itu datang dengan kualitas bagus, ada garansi 1 tahun dan jika daftar di aplikasi bisa sampai 3 tahun wow banget.. dengan jaminan garansi ini semakin yakin kalau battery ini benar real capacity 4000mAH.
Semoga awet juga..

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar: