Saturday, August 15, 2020

QR Code: Sederhana dan Tepat Guna


QR Code alias Kode QR telah menjadi hal umum di era digital dibanding saudara tuanya yaitu barcode. Biasanya, pemindai QR Code adalah smartphone yang menampilkan kode dan mengubahnya menjadi beberapa hal yang berguna (seperti URL untuk situs web, dimana pengguna tidak repot mengetik URL di browser web). QR Code juga menjadi fokus strategi periklanan, karena memberikan cara lebih cepat untuk mengakses situs web pengiklan daripada dengan mengetikkan URL secara manual. Selain kenyamanan bagi konsumen, kegunaan QR Code ini mampu meningkatkan kecepatan konversi: dimana kemungkinan kontak dengan iklan akan menjadi penjualan.

Meskipun awalnya digunakan untuk melacak bagian-bagian dalam pembuatan kendaraan, QR Code telah berkembang luas dengan aplikasi terbaru, seperti pelacakan, hiburan, tiket, pemasaran produk, pelabelan produk bahkan dapam pembelajaran.

QR Code juga dapat digunakan dalam menyimpan informasi pribadi. Aplikasi telepon seluler melalui pemberian tag seluler menjadikan pengguna dapat menerima teks, menambahkan kontak vCard ke perangkat mereka, membuka URL, atau menulis email atau pesan teks setelah memindai QR Code. Mereka dapat membuat dan mencetak kode QR mereka sendiri untuk dipindai dan digunakan orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa situs atau aplikasi penghasil kode QR berbayar atau gratis dan banyak aplikasi untuk memindai kode QR yang dapat ditemukan di hampir semua perangkat ponsel cerdas.

QR Code yang menyimpan alamat dan URL dapat muncul di majalah, di rambu-rambu, di bus, di kartu nama, atau di hampir semua objek yang mungkin diinginkan informasi oleh pengguna. Pengguna dengan ponsel kamera yang dilengkapi dengan aplikasi pembaca yang benar dapat memindai gambar QR Code untuk menampilkan teks, informasi kontak, menyambung ke jaringan nirkabel, atau membuka halaman web di browser ponsel. Tindakan menghubungkan dari objek dunia fisik ini disebut hardlinking atau objek hyperlinking. QR Code juga dapat ditautkan ke lokasi untuk melacak di mana kode telah dipindai. 

QR Code telah dimasukkan ke dalam mata uang. Pada bulan Juni 2011 Royal Dutch Mint (Koninklijke Nederlandse Munt) mengeluarkan koin resmi pertama di dunia dengan kode QR untuk merayakan ulang tahun keseratus dari bangunan dan tempat saat ini. Koin dapat dipindai dengan smartphone dan ditautkan ke situs web khusus dengan konten tentang peristiwa bersejarah dan desain koin. 

Augmented Reality

QR Code digunakan dalam beberapa sistem augmented reality untuk menentukan posisi objek dalam ruang 3 dimensi. QR Code juga digunakan untuk menyampaikan pengalaman Augmented Reality.

Sistem Operasi Seluler

QR Code dapat digunakan di berbagai sistem operasi perangkat seluler. iPhone yang menjalankan iOS 11 dan lebih tinggi dan beberapa perangkat Android dapat memindai kode QR secara native tanpa mengunduh aplikasi tambahan. Aplikasi kamera dapat memindai dan menampilkan jenis kode QR (hanya di iPhone) bersama dengan tautan (baik di Android dan iPhone). Perangkat ini mendukung pengalihan URL, yang memungkinkan kode QR mengirim metadata ke aplikasi yang ada di perangkat. Banyak aplikasi berbayar atau gratis tersedia dengan kemampuan untuk memindai kode dan tautan keras ke URL eksternal.

URL

Uniform Resource Locator (URL) membantu tingkat konversi pemasaran bahkan di era pra-ponsel cerdas, tetapi selama tahun-tahun itu menghadapi beberapa batasan: pemirsa iklan biasanya harus mengetikkan URL dan sering kali tidak memiliki browser web di depannya saat mereka pertama kali melihat iklan. Kemungkinan besar mereka akan lupa mengunjungi situs nanti, tidak repot mengetik URL, atau lupa URL apa yang harus diketik. URL semantik mengurangi risiko ini tetapi tidak menghilangkannya. Dengan munculnya smartphone, masalah pemirsa yang tidak dapat mengakses situs web dengan segera telah menjadi masalah yang lebih kecil, namun masalah pengetikan URL masih tetap ada dan dengan demikian QR Code digunakan untuk memungkinkan pengalihan ke URL untuk akses instan. Beberapa generator QR Code menawarkan fitur tambahan - QR Code dinamis. QR Code dinamis dapat memiliki situs web akhir mereka diedit berulang kali karena meskipun mereka sendiri tidak dapat dimodifikasi, mereka menautkan ke URL placeholder yang mengarahkan pemindai ke situs web yang sebenarnya mereka lihat. Pengalihan placeholder ini dapat diubahsuaikan (karenanya dinamai "dinamis") tidak seperti QR Code biasa, yang tidak memiliki situs "di antara" dan tautan langsung ke situs yang tidak dapat diubah. Placeholder juga dapat memiliki fungsi tambahan seperti analitik pemindai kode.

Toko Virtual

QR Code telah digunakan untuk membangun "toko virtual", tempat galeri informasi produk dan QR Code disajikan kepada pelanggan, misal di dinding stasiun kereta. Pelanggan memindai QR Code, dan produk dikirim ke rumah mereka. Penggunaan ini berkembang secara global dimana Walmart, Procter & Gamble dan Woolworths telah mengadopsi konsep Toko Virtual.

Pembayaran QR Code

QR Code dapat digunakan untuk menyimpan informasi rekening bank atau informasi kartu kredit, atau dapat dirancang khusus untuk bekerja dengan aplikasi penyedia pembayaran tertentu. Ada beberapa aplikasi uji coba pembayaran kode QR di seluruh dunia. Di negara Cina, pembayaran kode QR adalah metode pembayaran yang sangat populer dan nyaman sejak Alipay merancang metode pembayaran kode QR pada tahun 2011, pembayaran seluler dengan cepat diadopsi di China dan pada 2018, sekitar 83% dari semua pembayaran dilakukan melalui pembayaran seluler.

Situs Login

QR Code dapat digunakan untuk masuk ke situs web: QR Code ditampilkan pada halaman masuk pada layar komputer, dan ketika pengguna terdaftar memindainya dengan smartphone terverifikasi, mereka akan secara otomatis masuk. Otentikasi dilakukan oleh smartphone yang mana menghubungi server. Google menguji metode login semacam itu pada Januari 2012.


Bergabung dengan jaringan Wi-Fi

Dengan menentukan SSID, jenis enkripsi, kata sandi / frasa sandi, dan jika SSID disembunyikan atau tidak, pengguna perangkat seluler dapat dengan cepat memindai dan bergabung dengan jaringan tanpa harus memasukkan data secara manual.

Pembelajaran

QR Code dapat digunakan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Sebagaimana dicontohkan dalam https://www.whatihavelearnedteaching.com/using-qr-codes-in-the-classroom/ banyak hal yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan QR Code untuk variasi pembelajaran di kelas.

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar: