Monday, July 5, 2021

Ubah Perangkat Android Menjadi NAS

Punya harddisk bekas, selain bisa untuk harddisk portable menggunakan closure bisa pula dimanfaatkan menjadi Network Attached Storage a.k.a NAS. Tentu saja untuk berfungsi NAS dibutuhkan alat yang mendukung sistem operasi, kecuali beli harddisk khusus NAS. Pada dasarnya, NAS itu seperti cloud storage hanya lokal saja. Jadi, dengan alat minimal diperoleh hasil maksimal ya menggunakan Android Box bekas seperti Huawei EC6108V9, ZTE H680, Fiberhome HG860 dsb. Selanjutnya ya harddisk kemudian aplikasi NAS di android seperti Dorid NAS atau Masstream.
Mengapa aplikasi Masstream istimewa?
Turn any device into a NAS merupakan tag line dari Masstream. Hampir semua sistem operasi dan perangkat dapat menjalankan Masstream.
Masstream berfungsi sebagai media server tanpa aplikasi tambahan. Sekali terinstal, dapat streaming video dan musik di browser melalui jaringan wifi.
Dengan tampilan UI elegan serta menyediakan kemudahan untuk diakses oleh beberapa perangkat via beberapa browser.
Fitur lain yang sangat penting adalah File Transfer, dimana Download dan Upload satu atau beberapa file dan folder mudah dilakukan sehingga sangat membantu kolaborasi dan integritas pekerjaan.
Dengan LAN maka kecepatan Streaming tidak usah diragukan dan terdapat fitur mencari jaringan yang terhubung dengan aplikasi Masstream.
NAS dengan Android Box, hardisk bekas serta aplikasi Masstream ini sangat berguna untuk UMKM serta pekerjaan kolaborasi lingkup kecil karena mendukung 60 user. Jadi selamat mencoba!


iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar:

Post a Comment