Monday, July 5, 2021

WINBI perintis BlankOn Linux


Di pertengahan tahun 2021, hampir tak ada lagi kisahnya..
Beruntung, pernah ikut promosi sistem operasi itu..
Berawal dari 'gabut' lantas 'ngompori' BEM MIPA UM waktu itu Heri Sasmito 😂😂😂
Mulai perencanaan di taman depan GKB samping kantin kira-kira sebulan sebelum hari H..
Yups.. hari Ahad, tanggal 28 Juli 2003 bertempat laboratorium Fisika dengan target 100 peserta saja dan Alhamdulillah membludak 120 orang menolak sekitar 30an sebab kapasitas hanya maksimal 120 saja..
Bukti bahwa kegalauan panitia tidak berlanjut sebab H-3 masih 30an peserta teregister..
Entah kenapa, Linux itu menjadi portofolio bahwa sampai sekarang kreatif itu penting..
Dengan fokus pada WinBI yang merupakan perangkat lunak yang berisikan aplikasi umum berbahasa Indonesia diharapkan mengejar ketertinggalan adopsi teknologi komputer secara luas di masyarakat, selain itu dimungkinkan untuk digunakan pembelajaran bahasa asing dalam teknologi komputer.
Sebab memilih Window ber-Bahasa Indonesia berdasar pentingnya kualitas paket, disamping munculnya Linux Live CD yakni Knoppix..
Adapun BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang dan disesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.
Sampai sekarang tanpa sadar Linux sebagai Kernel sudah menguasai penggunaan sistem operasi baik di smartphone dan server, meski versi desktop hanya penggiat yang tetap kekeuh menggunakannya..
🐧
.
.
n.b. promosi itu berlanjut dengan kerjasama FS2T MIPA UM dan PABTI UM setahun setelahnya..

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar:

Post a Comment