Friday, April 8, 2022

Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS)


Pernah tahu QRIS ndak? Kalo anak millenial harusnya pernah lihat ini entah di cafe tempat nongkrong ato di minimarket merah biru mungkin pula bahkan di abang bakso langganan.. ๐Ÿ˜Š
Yups. Sebenarnya sebelum membahas QRIS tak enak rasanya tanpa membahas dompet elektronik aka e-wallet macam OVO, GoPay, Dana, LinkAja dan bejibun lainnya.. terus terang males menggunakan e-wallet itu sebab hanya bisa dipakai jika ada merchant yang bekerjasama.. lah kan ribet secara di e-wallet masih saldo 2000 perak menjadi tak berguna meski tak mungkin hangus ya kan.. mau dipindah ke rekening bang biayanyavminimal 2500 perak padahal kalo di minimarket masih ada es krim yang harganya 2000 perak lho..
Kebetulan untuk e-wallet besar penulis punya meski beberapa diantaranya saldo 0 rupiah ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Nah gegara QRIS ini penulis tidak ragu lagi untuk menyisihkan sebagian dana di e-wallet tersebut. Untuk e-wallet favorit jatuh pada LinkAja sebab ini merupakan bagian himbara dan Telkomsel. Sehingga lebih mudah topupnya. Beda lagi dengan OVO yang hanya digunakan di Grab dan tokopedia, ato juga GoPay yang digunakan di Gojel dan tokopedia juga yang sekarang jadi GoTo. Mungkin kalo OVO buat plan kalo ke Singapura kali ya.. sedang GoPay karena ada fasilitas paylater yang biaya admin murah 3000 perak kalo dipake dalam 1 bulan.
Apa pasal hubungan e-wallet dengan QRIS?
Sebelum mobile banking distandarisasi harus menggunakan QRIS juga ini lebih dulu sudah diterapkan pada e-Wallet. Dimana e-wallet tersebut akhirnya tidak hanya bisa digunakan secara sempit namun juga teraplikasi dengan merchant QRIS yang sekarang 14 juta lebih usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satu UMKM itu adalah toko kelontong samping rumah yang akhirnya meski hanya 1000, 2000 saja bisa bertransaksi untuk membeli cemilan..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Sampai saat ini, sekitar separuh transaksi penulis sudah menggunakan QRIS misal mau beli roti bakar, rujak, belanja di toko kelontong sudah bisa bertransaksi menggunakan QRIS.
Baiklah sekarang bahas QRIS saja dech..
Bagi pengusaha hanya membutuhkan selembar ko QRIS yang merupakan advance dari QR Code. Adapun pembeli hanya menggunakan smartphone ber-camera saja yang mendukung aplikasi e-wallet tanpa harus memiliki fitur NFC yang selisih harga Smartphone nya sekitar 800 ribu sampai 1 juta rupiah. Artinya smartphone standard biasa asal ada koneksi internet sudah bisa bertransaksi dengan QRIS.

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar:

Post a Comment